Jumat, 29 Agustus 2008

Polres Jombang Ngotot Benar


JOMBANG(SINDO) – Polres Jombang ngotot.Menurut mereka,jenazah yang dikubur di Jombang adalah Asrori.Mereka juga mengklaim proses penanganan tiga pelaku pembunuhan sesuai prosedur.

Hasil tes DNA yang menyatakan bahwa jenazah Mr X yang ditemukan di belakang rumah Ryan adalah Asrori, masih jadi tarik ulur.Polda Jatim yakin dengan hasil tes DNA tersebut.Namun, tidak demikian dengan Polres Jombang. Kapolres Jombang AKBP Muhammad Khosim mengatakan, sejauh ini pihaknya yakin kalau mayat yang digali di Dusun Kalangan, Desa Kalang Semanding,Kecamatan Perak, Jombang, kemarin adalah Asrori.

Keyakinan itu berdasarkan hasil autopsi dan pengakuan keluarga Asrori saat kasus disidik pada 2007 lalu.Menurut Khosim, dari pengakuan keluarga Asrori, jenazah yang waktu ditemukan juga berstatus Mr X itu adalah anggota keluarganya. ”Seperti yang kami sampaikan, keluarga mengakui bahwa korban pembunuhan yang ditemukan di kebun tebu itu Asrori.

”Keyakinan itu berdasarkan petunjuk pakaian yang dikenakan korban, bekas luka terbakar knalpot,dan postur tubuhnya. Selanjutnya, keluarga memakamkan jenazah itu di makan dusun setempat,” ungkap Khosim ditemui seusai penggalian jenazah Mr X yang awalnya disangka Asrori, di pemakaman umum Dusun Kalangan, Desa Kalang Semanding,Kecamatan Perak,kemarin.

Keyakinan Polres Jombang tak dibarengi dengan tes DNA terhadap korban pembunuhan yang ditemukan dalam kondisi rusak, 27 Oktober 2007 lalu itu. ”Memang, kami tak melakukan tes DNA.Waktu itu keluarga korban membenarkan jika korban pembunuhan tersebut adalah Asrori,” ucapnya berkali-kali. Ia juga menampik jika Polres Jombang salah tangkap dalam kasus ini.

Menurut dia, prosedur yang ditempuh untuk mengungkap kasus ini telah dilakukan dengan benar. Selain itu, para terpidana juga mengakui perbuatannya di persidangan. Kendati ngotot jenazah yang digali kemarin Asrori, tapi ia menampik bahwa pihaknya tak percaya dengan hasil tes DNA yang menyatakan bahwa Asrori adalah salah satu korban Ryan.Menurut dia, pihaknya juga akan menunggu hasil tes DNA yang dilakukan terhadap Mr X kedua itu.

”Kita tunggu sajalah,” ujarnya dan berlalu dari areal pemakaman. Sementara Kasat Pidana Umum (Pidum) Direskrim Polda Jatim AKBP Susanto sendiri tetap yakin jika jenazah korban pembunuhan Ryan yang ditemukan di belakang rumah tersangka itu adalah Asrori, warga Dusun Kalangan, Desa Kalang Semanding, Kecamatan Perak, Jombang.

Keyakinan tersebut berdasarkan hasil tes DNA yang dirilis sebelumnya. ”Tes DNA itu ilmiah.Tingkat kebenarannya mencapai 99,99%. Ini tidak bisa dibantah,” ungkap Susanto sesaat setelah penggalian jenazah Mr X dua kemarin.

Ia tak banyak berkomentar terkait dugaan salah tangkap Polres Jombang terhadap terpidana Imam Hambali alias Kemat dan Devid Eko Priyanto. Hanya,saat ini ada tim khusus yang menangani kasus dugaan salah tangkap itu. ”Anggota Polres Jombang yang menyidik kasus ini akan ditangani Kabid Propam dan Binkum Polda Jatim.Kami serahkan ke tim ini,”ujarnya.

Soal identitas jenazah yang digali kemarin, ia mengaku masih akan melakukan tes DNA lagi untuk memastikannya. Ini seperti yang dilakukan terhadap jenazah korban pembunuhan Ryan lainnya. Menurut dia, tes DNA jenazah misterius itu akan dicocokkan dengan keluarga orang-orang yang dilaporkan hilang.

”Ada beberapa nama orang hilang yang masih belum diketahui hubungannya dengan Ayan, di antaranya Hendro Liyono dan Afandi. Untuk jenazah yang baru digali ini, akan kami kirim ke RS Bhayangkara Surabaya,” ucapnya. Sementara itu,ribuan warga sekitar lokasi ikut melihat proses pengangkatan jenazah.

Dalam penggalian yang dilakukan sejak pukul 10.00 WIB itu polisi tampak hati-hati mengangkat jenazah yang dikubur bersama petinya itu. Tim penggali sempat mengalami kesulitan lantaran lubang galian dipenuhi air.

Tim penggali menggunakan mesin penyedot air untuk mengeluarkan air yang terus memancar ini. Jenazah masih tampak terbungkus kain putih,meski hanya tersisa tulang belulang. Penggalian itu dihadiri ayah Asrori, Jalal,yang sama sekali enggan berkomentar saat dimintai keterangan wartawan. (tritus julan)
KENDATIsudah ada kepastian Asrori dibunuh Ryan, namun terdakwa kasus pembunuhan dengan korban yang sebelumnya diidentifikasi sebagai Asrori, masih tetap disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Jombang kemarin siang.

Dua terpidana dan satu terdakwa kasus ini sama-sama mengaku dipaksa polisi agar mengaku sebagai pembunuh, kendati mereka tak pernah melakukannya. Dalam sidang perdana kemarin, terdakwa Maman Sugianto alias Sugik, 28, tetap didakwa melakukan pembunuhan terhadap Asrori, seperti yang pernah didakwakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya terhadap Imam Hambali alias Kemat dan Devid Eko Priyanto.

Maman Sugianto dijerat Pasal 338 jo Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana, dengan ancaman penjara maksimal 17 tahun. JPU Endang Setyowati mengaku, pihaknya akan tetap melanjutkan proses persidangan berdasarkan hasil pengakuan dua terpidana sebelumnya.

”Dua terdakwa lainnya sudah divonis. Ini kelanjutan kasus itu,” ujar Endang singkat. Majelis hakim yang diketuai Kartijono juga menyatakan tak akan menghentikan proses persidangan itu. Menurut dia, proses hukum terhadap kasus ini tak akan terpengaruh hasil tes DNA terhadap jenazah Asrori.

”Kami tak terpengaruh dengan hasil tes DNA itu.Bukti dalam persidangan menguatkan bahwa para terdakwa dan terpidana itu melakukan pembunuhan bersamasama terhadap Asrori,” ujar Kartijono, ditemui beberapa saat setelah sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan kemarin.

Dalam perjalanan menuju mobil tahanan usai sidang,Maman Sugianto mengaku jika dirinya sama sekali tak pernah melakukan pembunuhan terhadap Asrori. Demikian pula terhadap korban pembunuhan yang masih misterius dan dimakamkan di pemakaman Dusun Kalangan.

”Saya tak pernah membunuh, baik terhadap Asrori maupun jenazah yang disebut Polres Jombang sebagi Asrori itu. Saya dipaksa mengakui,’’ kata Sugianto singkat, yang langsung dikeler menuju mobil tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Jombang. Hasil tes DNA yang menyatakan bahwa Asrori dibunuh oleh Ryan menjadi angin segar bagi dua terpidana dan satu terdakwa kasus itu.

Eka Lisnawati, salah satu keluarga terpidana Imam Hambali alias Kemat mengaku akan menuntut polisi membebaskan saudaranya. Menurut dia, hasil tes DNA tersebut mementahkan tuduhan jika Kemat telah membunuh Asrori. ”Jelas bahwa Kemat tidak melakukan pembunuhan.

Kami minta kepada polisi agar melepaskan Kemat dari tahanan,” ujar Alisah, panggilan akrab Eka Lisnawati. Dia juga mengaku beberapa kali mengunjungi Kemat ke LP Jombang.Dalam pertemuannya itu,menurut Alisah, Kemat kerap kali mengeluhkan tuduhan pembunuhan yang dialamatkan polisi kepadanya.

Kemat juga mengeluh karena dipaksa mengakui perbuatan yang sama sekali tak pernah dilakukannya. ”Dia (Kemat) dipaksa polisi. Sekarang sudah ada kejelasan Asrori dibunuh Ryan. Selain harus membebaskan Kemat, polisi juga harus merehabilitasi nama baik Kemat,” tuntutnya.

Pengakuan serupa diungkapkan keluarga Devid Eko Priyanto. Ibu Devid, Siti Rohana, mengaku akan meminta polisi untuk membebaskan anaknya. Sejak awal ia tak yakin anaknya membunuh Asrori. ”Harus dibebaskan. Anak saya tak bersalah,”kata Siti saat ditemui di rumahnya, di Desa Ngemplak Kecamatan Perak,kemarin siang. (tritus julan)

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/jawa-timur/sugik-mengaku-dipaksa-polisi.html

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/jawa-timur/polres-jombang-ngotot-benar.html">http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/jawa-timur/polres-jombang-ngotot-benar.html

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Burberry Separation on the block online.The Foremost Burberry outlet www.burberryoutlet--store.comGathering to suborn trashy Burberry egress products online. Allowance [url=http://www.burberryoutlet--store.com/]Burberry outlet[/url] unchain preserve mistaken upto 70%, and self-ruling shipping!

Anonim mengatakan...

Moncler Outlet thousands of The Su Hongye in Chongqing something, can not return in,[url=http://www.giubbotti-moncleroutlet.com/]moncler outlet[/url] wrote that all the daughter decide, so long as she said [url=http://www.giubbotti-moncleroutlet.com/]moncler outlet[/url] the research. the foreign flavor of the new people are very against [url=http://www.giubbotti-moncleroutlet.com/]moncler coats[/url] that old pick auspicious day for marriage, advocates pick ocean life. the most unfavorable marriage Gregorian calendar in May, the Gregorian calendar in June is best marriage, but they are already engaged in June, the so extended to early September wedding. It is stated too much attention to date,Monday 23 is a good day for marriage, especially on Wednesday; 4,561 days just like a bad day, the result is that they pick on Wednesday smiles: must have been that guy to come out of Yuen Long Cao tricks. Mei smiles: short, you hate the ecu students, pattern names up. Chosen to get married that Moncler Outlet Wednesday, the elements is much like summer, hot interest. The way I needed, Jiao days Fortunately, today I did not do groom. The church was air-conditioned, Ts wearing a black wool dress, too busy sweating, I believe he white collar having a ring, to obtain another yellow sweat soaked and soft. I afraid the entire of his plump body In Khan, the way the candle right into a pool of oil. Miss Su can also be tight ugly. line up at the wedding, the bride and groom smiling face, no expression of Ku Buchu, all unlike the dry wedding, but instead no, this is not on the scaffold, is really a, is, like Moncler Boots a public place of pickpockets signs with punishing those hardened criminals in the face. I happen to think that I own marriage ceremony, under those thousands of Kui Kui also like to be inevitable cracked pickpockets. That helped me realize the kind of joyful, smiling faces of happy wedding pictures were never taken to. find! Great find! I am thinking about is to see how you prefer her within 24 hours. avoided her not to see, just say several words with Miss Tang - chien hop heavy heart that, like truck unloading the parcel the next smash gravitropic only strange Xinmei will not hear - was a bridesmaid your day, saw me and Moncler Scarf asked me to not fight, said the ceremony complete line, we sprinkle colored paper Fou new body, when, and only I won't have hands, afraid which i go ahead and take chance to throw hand grenades, nitrate sulfuric acid spill. She asked me later on plans, I told her to go Sanlv University. I think she may not want to hear your company name, and so i did not mention a thing you.

more information you can go to http://www.giubbotti-moncleroutlet.com

[url=http://www.giubbotti-moncleroutlet.com/]moncler uk[/url]
[url=http://www.giubbotti-moncleroutlet.com/]monclear[/url]
[url=http://www.giubbotti-moncleroutlet.com/]discount moncler[/url]
[url=http://www.giubbotti-moncleroutlet.com/]moncler daunenjacke[/url]
[url=http://www.giubbotti-moncleroutlet.com/]moncler coats[/url]
[url=http://www.giubbotti-moncleroutlet.com/]monclet[/url]
[url=http://www.giubbotti-moncleroutlet.com/]moncler grenoble[/url]
[url=http://www.giubbotti-moncleroutlet.com/]doudoune moncler[/url]
[url=http://www.giubbotti-moncleroutlet.com/]moncler official website[/url]
[url=http://www.giubbotti-moncleroutlet.com/]moncler store[/url]
[url=http://www.giubbotti-moncleroutlet.com/]moncler acorus[/url]
[url=http://www.giubbotti-moncleroutlet.com/]moncler coat[/url]

Anonim mengatakan...


[url=http://shenenmaoyii.devhub.com/][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://shenenmaoyi.exteen.com/20121227/lv-monogram-sacs-perfor-233-s][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://www.travelblog.org/Europe/Germany/blog-763150.html][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://shensacens.dinstudio.com/][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://shenenmaoyi.yolasite.com/][b]sac longchamp[/b][/url]

Anonim mengatakan...

We [url=http://www.23planet.com]online blackjack[/url] obtain a large library of absolutely freed casino games in regard to you to sport opportunely here in your browser. Whether you want to training a mesa recreation scenario or scarcely try elsewhere a occasional new slots first playing for genuine filthy lucre, we procure you covered. These are the rigid same games that you can with at earnest online casinos and you can part of them all in requital for free.

Anonim mengatakan...

Hello. And Bye. Thank you very much.

Anonim mengatakan...

Hello. And Bye. Thank you very much.

Anonim mengatakan...

The group offers one particular specific [url=http://cungmuachungnhom.com/thoi-trang.html]voucher gia re[/url] for each and every doing work day in each solitary of the markets it serves. The Groupon performs as an assurance contract making use of ThePoint's system: if a specified selection of guys and girls indicator up for the offer, then the deal will get to be obtainable to all if the predetermined small is not achieved, no one particular distinct will get the supply that functioning working day. This lowers threat for merchants, who can just take treatment of the discount coupons as quantity particular discounts as properly as earnings promoting methods. Groupon tends to make money by making an attempt to preserve roughly 50 % the earnings the customer pays for the coupon.

For illustration, an $eighty therapeutic therapeutic massage could be purchased by the buyer for $40 by indicates of Groupon, and then Groupon and the retailer would split up the $forty. That is, the retailer provides a therapeutic massage valued at $80 and receives roughly $twenty from Groupon for it (beneath a fifty%/50% split up). Or, if $240 nicely well worth of home painting businesses is acquired by the consumer for $fifty by indicates of Groupon, then the business gets $20 five and Groupon keeps $20 5. The buyer will get the therapeutic therapeutic massage, or the home portray providers, in these examples, from the retailer for which they to commence with compensated $40 (or $fifty) to Groupon. There are specific companies to which Groupon at initial did not source its remedies, which involves using photos ranges and strip golf gear nonetheless, using photographs ranges have been showcased on Groupon.

As opposed to labeled advertising and marketing, the service supplier does not devote any upfront expense to participate: Groupon collects personal info from all set consumers and then contacts only individuals consumers, primarily by everyday e-mail, who might potentially probably be intrigued in a certain answer or company.

Groupon employs a massive selection of copywriters who draft descriptions for the reductions highlighted by digital mail and on the web web site. Groupon's advertising and marketing textual content for the 'deals' has been observed as a contributing situation to the recognition of the website, that includes a exceptional merge of comprehensive reality-checking and witty humor.

Owing to Groupon's marketplace turning out to be mainly composed of woman shoppers, the offers are normally concentrated on the all round well being, actual physical physical fitness and magnificence marketplaces.

There are possible problems with the company design. For case in point, a successful offer you could swiftly swamp a tiny business with as effectively a great deal of clientele, jeopardizing a probability that buyers will be dissatisfied, or that there will not be ample product to satisfy up with the require. Gap, a big apparel retailer, was capable to manage 445,000 price cut codes in a nationwide offer (although it skilled server troubles at one particular stage), but a far more compact business could switch into abruptly flooded with clients. A single coffee shop in Portland, Oregon struggled with an enhance in buyers for 3 months, when it promoted near to one,000 Groupons on the a single day it was introduced, in accordance to 1 specific report. In reaction to related troubles, Groupon officers condition that 'deal' subscriptions need to be capped in development to a smart amount.

Read More: [url=http://dulich24.info/mua-hang-dien-tu-o-tren-web-gia-re/]cung mua gia re[/url]